Senin, 27 September 2010

Masa Depan Komputer Pribadi Ada Pada Telefon Selular dan Tablet?

Beberapa tahun yang lalu, orang tidak pernah terpikirkan bahwa suatu saat, telefon selular akan sedemikian kecil dan canggihnya hingga mampu membawa prosessor berkecepatan menyamai netbook dan bahkan memiliki otak ganda serta di masa depan akan menjadi multi core.

Namun dunia bergerak sangat luar biasa cepat, tehnologi cloud computing dan lain sebagainya menjadikan semua pc pribadi tidaklah harus melulu berbentuk PC. Namun dapat berupa semua telefon selular. Ada seorang jurnalis asing yang mencoba melakukan hal itu dengan hanya bermodalkan iPhone 4th Gen sebagai pengganti netbook ataupun iPad nya. Dan beliau dapat melakukan itu (sorry saya lupa baca di mana tapi kurang lebih begitu).

Di sini menjadi titik terang mengapa Samsung ngotot untuk terjun juga ke bisnis tablet, selain daripada mengejar keuntungan semata. Microsoft sendiri berusaha mengejar ketertinggalan itu, selain daripada juga menggalakan sistem operasi Windows Phone7 terbarunya.

Dengan diluncurkannya prosessor selular triple core, seolah turut menjawab ke arah mana dunia personal computing akan bergerak. Saya melihat cepat atau lambat, notebook yang canggih dan desktop akan menjadi bagian dari pengerjaan tugas berat, sementara tugas-tugas office computing dan personal computing yang ringan seperti laporan yang ringan maupun penulisan naskah dan dokumen akan dikuasai oleh generasi smartphone maupun tablet pad.

Apalagi generasi-generasi berikutnya dari tablet maupun smartphone, dari beberapa bocoran di internet dikabarkan sudah ada yang mampu mengerjakan proses olah multimedia full HD 1080p pada mode dual stream. Ini artinya sosok tablet pad pada suatu saat nanti benar-benar akan menggusur pasar netbook ataupun notebook sebagai piranti komputasi pribadi.

Namun apakah benar akan demikian terjadi, kita lihat saja waktu yang akan menjawabnya.

Protected by Copyscape Online Plagiarism Checker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar