Selasa, 27 April 2010

Statistik Dipandang Dari Sudut Keilmuan

Seringkali dalam setiap pembicaraan maupun rapat-rapat, orang menganggap remeh mengenai statistik, dan bahkan cenderung menyepelekannya. Orang seringkali mengatakan statistik sebagai akal-akalan para pemikir dan analis ekonomi. Padahal statistik adalah suatu cabang ilmu yang sangat menekankan pendekatan kompleks antara ilmu logika dengan matematika.

Banyak sekali masalah-masalah kompleks dalam transportation management utamanya dalam ilmu Warehouse Distribution bisa dipecahkan melalui pendekatan Statistik. Bahkan metode peramalan permintaan dan juga masalah penekanan bull-whip effect bisa dikelola dengan menggunakan pendekatan statistik.

Bahkan para dewa judi Las Vegas dan Macao juga kebanyakan menggunakan pendekatan statistik probabilitas. Sama halnya dengan yang banyak dilakukan para spekulan pasar futures dan pasar valas selain penggunaan metode charting technical analysis dan moving average.

Statistik dalam kehidupan sehari-hari juga berguna sebagai alat bantu dalam memecahkan masalah-masalah kompleks utamanya dalam operasional bisnis dan strategi manajemen. Dalam bentuk sederhana dapat digunakan sebagai sarana berdagang di pasar tradisional utamanya oleh para pedagang sembako dalam menentukan harga yang tepat guna memperoleh keuntungan dalam berdagang.

Selama ini orang menganggap statistik sebagai hal yang sangat rumit dan kompleks, namun pada kenyataannya tidak selalu demikian. Kesalahan pemahaman siswa akan statistik, lebih disebabkan oleh keterbatasan kemampuan para pengajar dalam mengajar statistik sehingga menjadi suatu pelajaran yang menarik dan berharga. Ditambah lagi memang tidak semua orang berbakat menjadi pengajar mata kuliah statistik, hal ini semakin menambah tingkat keyakinan banyak orang bahwa statistik adalah mata kuliah yang sulit.

Hal ini karena umumnya, meski seseorang dapat meraih nilai A pada mata kuliah statistik, namun belum tentu yang bersangkutan dapat menularkan kepandaiannya kepada orang yang dilatih atau dibimbing. Sebab kompleksitas pada pola berfikir statistik cenderung sulit dipahami jika hanya menggunakan pendekatan logika saja, karena memang statistik juga menggunakan pendekatan matematika dan juga penggunaan banyak rumus dan tabel.

Itu sebabnya, jarang ditemui para pengambil gelar Doktoral dalam bidang Statistik di tanah air, karena selain kompleks, juga orang sering berfikir jurusan tersebut tidak memiliki nilai jual. Padahal di luar negeri, statistik memperoleh banyak tempat utamanya pada bagian divisi Pengembangan dan Riset (R&D).

Semoga saja, di masa depan, cabang ilmu statistik tetap memiliki peminat dan selalu ada proses regenerasi bagi para pengajar mata kuliah statistik.

Protected by Copyscape Online Plagiarism Checker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar