Rabu, 05 Mei 2010

Intel Atom Dual Core & Open Source Platform Solusi Bisnis bagi UMKM

Copyright: Alexander Batara, under Alexindo Management Consulting

Dalam membangun suatu bisnis usaha, para pelaku industri sering menganggap biaya TI (tehnologi informasi) sebagai sumber permasalahan utama untuk kelanjutan operasional ataupun pengembangan industri.

Padahal, sejatinya tehnologi informasi adalah faktor penunjang dan pendukung bagi terlaksananya suatu perputaran operasional perusahaan, apakah itu hanya sebagai alat penunjang kegiatan administrasi, atau bahkan sebagai alat kerja utama.

Mahalnya harga-harga CPU, motherboard serta lisensi operating system sering dituding sebagai penyebab perusahaan mengabaikan faktor tehnologi informasi. Sejatinya, biaya tehnologi informasi sendiri tidak semahal itu. Karena banyak solusi murah meriah namun berkualitas untuk mengatasi kendala tingginya biaya tehnologi informasi ini.

Salah satunya adalah memanfaatkan ketersediaan platform TI berbasis Intel Atom dual core seperti model platform Intel Atom N330 ataupun paket CPU+Motherboard Intel Atom D510. Hal ini karena selain murah, platform Intel Atom dual core memiliki cache memory standard yang lebih besar yakni sebesar 1MB guna meringankan beban kerja sistem dan tetap memiliki keunggulan khas produk Intel Atom yakni irit / hemat biaya listrik.

Bahkan pada platform CPU+Motherboard Intel Atom Dual Core D510, biaya listrik berhasil ditekan secara signifikan, karena tidak memerlukan kipas CPU, dan platform video grafis sudah terintegrasi di dalam CPU, sehingga menekan penggunaan listrik dan menurunkan panas sistem secara keseluruhan.

Sedangkan penggunaan sistem operasi berbasis platform open source seperti Linux, turun membantu menurunkan biaya tehnologi informasi secara signifikan. Karena sejatinya biaya TCO (Total Cost of Ownership) pada TI hampir separuhnya berasal dari biaya lisensi sistem operasi. Dengan penggunaan sistem operasi Linux gratis seperti Ubuntu yang berbasis grafis dan paket office gratis seperti Open Office ataupun K-Office, membuat TI menjadi bukan lagi suatu biaya mahal tapi justru sebagai investasi alat industri yang murah meriah namun berdaya guna tinggi. Apalagi baik Open Office maupun K-Office menyediakan platform source code sehingga anda bisa mendesain sendiri pemrograman paket office yang lebih cocok bagi kebutuhan anda maupun lingkungan sistem operasi anda.

Dengan sistem seperti ini, anda bisa memulai suatu kegiatan usaha yang praktis murah dan bermanfaat dari mulai warnet bermodal kecil, hingga usaha kursus bahasa berbasis multimedia yang terjangkau. Akhir kata, semoga tips dan pembahasan ini bisa menjadi salah satu solusi bagi industri UMKM di tanah air. Salam UMKM.

Protected by Copyscape Online Plagiarism Checker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar